Perkembangan
digital belakangan ini memberi dampak yang cukup signifikan terhadap
dunia media periklanan. Cara-cara lama sudah mulai ditinggalkan
peminatnya. Media cetak yang dulu meraup keutungan yang sangat besar
dari setiap space iklan yang tercetak di kertas kini mulai merasakan
dampak kerugian. Pasalnya banyak sekali pelaku usaha yang tidak lagi
menggunakan media cetak tersebut dan memilih berpindah ke cara yang
lebih efektif, yaitu digital.
Beberapa
alasan ini menjadi jawaban mengapa media cetak kehilangan tempat:
- Media digital lebih tepat sasaran
Media
digital dengan tepat membidik target sasarannya. Mulai dari umur,
jenis kelamin dan minat. Pada media cetak biasanya satu bundling buku
majalah atau surat kabar berisi banyak sekali informasi yang bahkan
kadang si pembeli kurang atau tidak membutuhkan informasi tersebut.
Sementara pada media digital semua sudah tertata rapi, seandainya si
konsumen membutuhkan informasi mengenai tour travel, maka sudah pasti
ia akan mencari informasi tour travel bukan lowongan pekerjaan.
- Mudah di dapatkan; waktu dan tempat
Perkembangan
internet yang cepat ini mempermudah akses digital tidak terbatas
ruang dan waktu dengan catatatan ada akses internet. Kapan dan
dimanapun orang bisa mendapatkan apa yang mereka cari.
- Harga terjangkau
Harga
untuk sebuah iklan dengan periode tertentu cukup terjangkau bagi
kalangan bisnis kecil menengah hingga bisnis skala atas. Jika
dibandingkan dengan media cetak yang dimana budget puluhan juta
dihabiskan untuk sebuah space iklan kecil.
- Branding image bagi perusahaan
Ketika
perusahaan sudah merajai di internet maka konsumen akan memandang
baik image perusahaan tersebut. Jadi bisa dikatakan ini menjadi nilai
tambah untuk citra perusahaan.
By:
Ita Mahoni (sales@mahoni.com)
PT
MAHONI GLOBAL
Ph.
021-549 4049
No comments:
Post a Comment