Usaha Kecil Menengah di era digital ini harus pintar-pintar bersaing secara sportif. Digital
membawa angin segar bagi mereka yang memiliki banyak ide kreatif. Cara-cara konvensional
yang lama sudah banyak ditinggalkan. UKM Indonesia cukup paham tentang fenomena ini. Dari
hal-hal sepele misalnya pada tahun 2000 kita masih sering berikirim pesan melalui sms. Seiring
berjalannya waktu cara lama tersebut perlahan di gantikan dengan aplikasi bbm, whatsapp,
periscope, dll. Perubahan akan selalu terjadi, kita tidak akan pernah bisa menolak perubahan
tersebut. Change or you’ll die!
UKM, mulai dari furniture, handicraft, stone atau batu alam, pakaian, aksesories semuanya
telah berubah sesuai tuntutan jaman. Kita ambil contoh UKM dibidang furniture. Mereka tak
mampu menolak perubahan fenomena digital. Banyak kita temui UKM Furniture di Jepara, yang
tadinya hanya membuka toko offline atau showroom, sekarang telah banyak ditemui website
usaha furniture di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo! dan Bing. Sehingga mereka
yang tak mempunyai showroom dengan harga sewa tanah yang mahalpun tetap mempunyai
kesempatan sama untuk berbisnis furniture. Tak hanya itu dari studi kasus yang telah kami
lakukan, perubahan model furniture juga terjadi, dari model klasik ukiran ke model modern
minimalis. Dari digital mereka bisa memahami selera konsumen. Sebenarnya banyak sekali
manfaat yang bisa didapatkan dari fenomena digital ini.
Masalah belum selesei ketika mereka sudah mempunyai website furniture. Justru ini adalah
tugas awal untuk bagaimana bisa menampilkan website tersebut di halaman strategis Google
sebagai mesin pencari. Dengan cara itu, makan website akan lebih mudah ditemukan oleh calon
pelanggan potensial yang kemudian berpeluang terjadi transaksi atau penjualan. Masalahnya
memposisikan website di halaman satu Google itu tidak mudah, apalagi jika kata kunci yang
ditargetkan termasuk kategori kata kunci dengan pencarian tinggi. Usaha untuk menaikkan
website ke halaman satu Google sering dikenal dengan istilah optimasi SEO. (Anda bisa
membaca pada artikel kami tentang SEO)
Apakah ada cara lain selain SEO mengingat persaingan SEO yang sangat ketat?
Tentu saja ADA. Anda bisa memanfaatkan media promosi furniture yang trafficnya tinggi. Anda
bisa beriklan diportal tersebut sehingga banner promosi Anda akan bisa ditemukan oleh
pelanggan baru. Portal seperti ini akan sangat menguntungkan bagi Anda dalam mendatangkan
traffic/ pengunjung ke website furniture personal Anda. Media promosi furniture di Indonesia
yang sudah sangat kuat yaitu www.indonesia-furniture.com
Di portal media promosi khusus untuk furniture ini sudah mempunyai jumlah pengunjung yang
tinggi. Mereka menyediakan 2 kategori member. Member standar dengan biaya yang relatif
murah 2juta per tahun, banner Anda sudah bisa muncul selama satu tahun. Harga yang
ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan media lain. Peruntungan yang menjanjikan
bukan? Ada lagi member VIP seperti Republic Furniture, Wisanka, Aulia Jati Furniture yang
sudah merambah pasar internasional pun memilih untuk bergabung menjadi member
Indonesia-furniture.
Mau tahu detailnya, silakan klik tautan http://www.indonesia-furniture.com/
By Ita Mahoni
No comments:
Post a Comment