Thursday, June 9, 2016

Adaptasi UKM dan Digital Marketing

Usaha Kecil Menengah di era digital ini harus pintar-pintar bersaing secara sportif. Digital

membawa angin segar bagi mereka yang memiliki banyak ide kreatif. Cara-cara konvensional

yang lama sudah banyak ditinggalkan. UKM Indonesia cukup paham tentang fenomena ini. Dari

hal-hal sepele misalnya pada tahun 2000 kita masih sering berikirim pesan melalui sms. Seiring

berjalannya waktu cara lama tersebut perlahan di gantikan dengan aplikasi bbm, whatsapp,

periscope, dll. Perubahan akan selalu terjadi, kita tidak akan pernah bisa menolak perubahan

tersebut. Change or you’ll die!

UKM, mulai dari furniture, handicraft, stone atau batu alam, pakaian, aksesories semuanya

telah berubah sesuai tuntutan jaman. Kita ambil contoh UKM dibidang furniture. Mereka tak

mampu menolak perubahan fenomena digital. Banyak kita temui UKM Furniture di Jepara, yang

tadinya hanya membuka toko offline atau showroom, sekarang telah banyak ditemui website

usaha furniture di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo! dan Bing. Sehingga mereka

yang tak mempunyai showroom dengan harga sewa tanah yang mahalpun tetap mempunyai

kesempatan sama untuk berbisnis furniture. Tak hanya itu dari studi kasus yang telah kami

lakukan, perubahan model furniture juga terjadi, dari model klasik ukiran ke model modern

minimalis. Dari digital mereka bisa memahami selera konsumen. Sebenarnya banyak sekali

manfaat yang bisa didapatkan dari fenomena digital ini.



Masalah belum selesei ketika mereka sudah mempunyai website furniture. Justru ini adalah

tugas awal untuk bagaimana bisa menampilkan website tersebut di halaman strategis Google

sebagai mesin pencari. Dengan cara itu, makan website akan lebih mudah ditemukan oleh calon

pelanggan potensial yang kemudian berpeluang terjadi transaksi atau penjualan. Masalahnya

memposisikan website di halaman satu Google itu tidak mudah, apalagi jika kata kunci yang

ditargetkan termasuk kategori kata kunci dengan pencarian tinggi. Usaha untuk menaikkan

website ke halaman satu Google sering dikenal dengan istilah optimasi SEO. (Anda bisa

membaca pada artikel kami tentang SEO)



Apakah ada cara lain selain SEO mengingat persaingan SEO yang sangat ketat?

Tentu saja ADA. Anda bisa memanfaatkan media promosi furniture yang trafficnya tinggi. Anda

bisa beriklan diportal tersebut sehingga banner promosi Anda akan bisa ditemukan oleh

pelanggan baru. Portal seperti ini akan sangat menguntungkan bagi Anda dalam mendatangkan

traffic/ pengunjung ke website furniture personal Anda. Media promosi furniture di Indonesia

yang sudah sangat kuat yaitu www.indonesia-furniture.com

Di portal media promosi khusus untuk furniture ini sudah mempunyai jumlah pengunjung yang

tinggi. Mereka menyediakan 2 kategori member. Member standar dengan biaya yang relatif

murah 2juta per tahun, banner Anda sudah bisa muncul selama satu tahun. Harga yang

ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan media lain. Peruntungan yang menjanjikan

bukan? Ada lagi member VIP seperti Republic Furniture, Wisanka, Aulia Jati Furniture yang

sudah merambah pasar internasional pun memilih untuk bergabung menjadi member

Indonesia-furniture.

Mau tahu detailnya, silakan klik tautan http://www.indonesia-furniture.com/

By Ita Mahoni

No comments:

Post a Comment